15:22:51, 01 April 2016 / by Jasa Buat Website / 641 Views

10 Strategi Meningkatkan Penjualan Online Shop. Melakukan bisnis online shop memang mudah dan dapat dilakukan oleh banyak orang dan bahkan hampir semua kalangan dapat melakukan bisnis online shop. Kemudahan dalam berbisnis online shop sering kali dijadikan ajang penjualan secara asal-asalan atau bahkan dijadikan sebagai ajang penipuan semata. Banyak para pembeli yang memang sudah tidak mempercayai adanya keamanan dalam transaksi bisnis online shop.

Hal tersebut jelas sangat merugikan para pebisnis online shop yang benar-benar menekuni bidang ini dan pastinya tidak mempunyai maksud negatif. Kebanyakan dari mereka mendapatkan nilai yang jelek pula seperti dengan bisnis-bisnis online shop sebelumnya yang memiliki niat tidak baik. Hal demikian sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan penjualan bisnis online shop dalam negeri, khususnya untuk para pebisnis online shop yang bertujuan baik.

Mendapatkan kepercayaan masyarakat dari suatu citra yang baik untuk meningkatkan penjualan produk memang tidaklah mudah. Banyak diantara para pebisnis online shop yang gagal dalam mengambil simpati serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga produk yang dipasarkan tidak laku terjual, padahal mereka tidak semuanya memiliki niat yang buruk. Untuk meningkatkan penjualan bisnis online shop dan menarik kepercayaan para pembeli, ada beberapa hal harus di perhatikan. Berikut 10 strategi meningkatkan penjualan online shop :
1. RENCANAKAN STRATEGI

Langkah awal yang penting sebelum action adalah buat list rencana strategi penjualan. Online shop perlu menerapkan ini, misalnya penentuan terget penjualan, penentuan list daftar strategi apa saja yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan, siapa yang akan menjalankan strateginya, dll.
2. MAKSIMALKAN TWITTER

Banyak yang tahu strategi Twitter, tapi hanya sedikit yang memaksimalkannya:
– Fokus pada konten
– Bangun komunikasi
– Perbesar follower
– Lakukan dengan konsisten
Twitter dengan follower yang besar bisa menjadi cara ampuh meningkatkan kunjungan di website online shop.
3. MAKSIMALKAN FACEBOOK

Maksimalkan Facebook untuk membangun interaksi dan memperbesar kunjungan di website kita:
– Gunakan Fanspage
– Konsisten update status
– Jadwalkan secara rutin
– Maksimalkan fitur
– Gunakan Facebook Ads
4. MAKSIMALKAN DATABASE

Jangan anggap remeh database, database menjadi cara ampuh untuk memperbesar penjualan di masa mendatang, database misalnya adalah list daftar nama pembeli, nomor HP pembeli, PIN BB pembeli, atau alamat email mereka.
Intinya, database jangan dibuang, disimpan agar suatu saat bisa dipakai untuk promosi.
5. EKSEKUSI STRATEGI

Banyak pebisnis sudah tahu strategi di atas, tapi persoalannya selalu sama, tidak konsisten, belum maksimal, belum menghasilkan, masih sampingan, belum fokus.
Tips nya, lakukan strategi di atas dengan konsisten. Fokus untuk monitor dan kejar target. Usahakan ada tim atau orang khusus yang menangani, sehingga strategi online shop nya bisa berjalan maksimal.
Ingat, perbesar follower, fans, database untuk memperbanyak calon pembeli.
6. PERBANYAK PILIHAN PRODUK

Pada dasarnya salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan perbanyak pilihan produk. Misalnya, jenis produk, tipe produk, varian produk, ataupun produk pelengkap. Strategi ini juga salah satu cara agar pelanggan tidak beralih ke pesaing.
7. PUNYA TIM PENJUALAN

Tim penjualan adalah ujung tombak bagi penjualan kita. Usahakan agar kita tidak menjalani bisnis sendirian, usahakan untuk membangun tim yang solid. Tim penjualan bertugas untuk melayani calon pembeli, memastikan target penjualan tercapai dan juga melakukan strategi sales dan promosi yang efektif.
8. PELAYANAN YANG RESPONSIF

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik online shop adalah memiliki pelayanan yang responsif. Artinya, pelayanan jangan lambat, ketika ada konsumen yang mau order produk, kita harus cepat melayani mereka. Jika kita lambat, konsumen bisa pindah ke pesaing.
9. BANGUN RESELLER

Salah satu ciri online shop yang sukses memiliki tim reseller. Bangun strategi reseller untuk memperbesar penjualan. Reseller adalah orang yang menjualkan kembali produk kita dan ada ketentuan pembagian keuntungan untuk setiap produk yang dijualnya. Hal penting untuk strategi ini, usahakan agar reseller diberikan pelatihan, sehingga penjualannya bisa maksimal karena sudah diberi training.
10. MARKET PLACE

Selain website online shop, kita juga bisa menggunakan website marketplace e-commerce, misalnya tokobagus, bukalapak, ataupun bisa jual di kaskus. Intinya, ini sebagai nilai tambah, channel tambahan untuk mempromosikan produk kita.

Demikianlah artikel dari kami tentang 10 Strategi Meningkatkan Penjualan Online Shop Semoga informasi  ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia. Salam sukses